Thursday, January 26, 2017

Resep Ala Kosan : Ayam Goreng Terasi

Halo!

Karena kemarin ada request khusus dari Tiyak, aku bawakan langsung nih salah satu resep ayam goreng kesayanganku :D



Resep ini aku adopsi dari resep asli mbak Endang Just Try and Taste. Ada modifikasi sana-sini karena menyesuaikan dengan kondisi bahan yang ada di kosan. Maklum anak kos haha.

Tapi meski bahan-bahan dari resep asli banyak yang absen, rasanya tetap enak loh. Bisa dibilang ini adalah resep Ayam Goreng Terasi ala mahasiswi kosan, yang tentu saja bisa langsung teman-teman praktikan di tempat tinggal masing-masing. Bahan dan cara membuatnya juga mudah.

Hasilnya? Yummy banget. Ini jadi salah satu olahan ayam kesukaanku saat pertama kali mencicipinya.

Resep Ala Kosan : Ayam Goreng Terasi
Berdasarkan resep dari Just Try and Taste

Untuk satu mangkuk sedang ayam (sekitar 3-4 potong dada ayam ukuran sedang), bahan yang dibutuhkan :

Bahan bumbu perendam ayam :
- 4 siung bawang putih
- 2 cm jahe
- 2 cm terasi
- 1/2 sdm kecap asin
- 1/2 sdm saus tiram
- merica secukupnya
- gula dan garam sesuai selera
- 1 sdm tepung maizena
- 1 sdm air


Bahan pelapis :
- 2 sdm tepung terigu
- 1 sdm tepung maizena

Cara membuat :


Potong kecil daging ayam, sisihkan. Tujuannya selain agar bumbu lebih cepat meresap, juga bisa menghemat waktu penggorengan. Ayam jadi lebih cepat matangnya. Yaa, sebagai mahasiswi yang sedang diburu-buru waktu pertemuan dengan dosen pembimbing harus tangkas dong, termasuk dalam hal memasak.
Ehe.
Haluskan bawang putih, terasi, jahe, merica, gula, dan garam. Untuk porsi terasi terserah teman-teman ya mau sebanyak apa. Kalau aku segini udah cukup untuk satu mangkuk ayam potong tadi.


Khusus untuk garam, aku skip karena terasinya sendiri sudah asin. Apalagi ada gilingan bawang putih dan nanti ditambah kecap asin. Huhu, enggak kuat kalau harus ditambah garam lagi. Tapi, kalau kalian merasa masih kurang asinnya, silahkan ditambah sedikit garam ya.



Campurkan bahan bumbu yang sudah dihaluskan tadi dengan ayam, masukan tepung maizena, kecap asin, dan saus tiramnya. Aduk rata dengan jemari tangan.


Diamkan minimal selama 15 menit. Kalau ingin lebih meresap lagi, tutup dengan plastik dan simpan di kulkas selama tiga jam. Tapi karena aku sering masaknya dadakan, jadi 15 menit saja sudah cukup kok :)

Setelah itu, campurkan tepung terigu dan tepung maizena ke ayam yang sudah dibumbui tadi. Aduk-aduk hingga terlapisi semua ya.

Goreng ayam di minyak panas hingga matang kecoklatan. Apinya kecil saja biar enggak gosong.

Sajikan.

Mudah kan? :D

Selamat mencoba.




12 comments:

  1. Kalau ayam ini mau dimakan pakai sambel, kira-kira sambel apa yang cocok, Desty?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sukanya pake sambal bawang biasa mbak :D
      ayam ini, sambal bawang, sama nasi hangat hummm~~
      eh tapi pake sambal terasi juga enak sih hehe walau sama-sama pake terasi tapi enggak bikin enek kok. Cobain aja mbak.

      Delete
  2. Emang bener-bener ala kosan ya mbak, bahannya gampang didapet dan cepat masaknya. Walaupun ngga ngekos tapi saya suka resepnya nih, simpel. Cucok kalo lagi pengen buat masakan tapi lagi ga banyak waktu. *catet resep*

    Dikasih sambel tambah mantep pasti nih mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, hihi.
      Silahkan mbak, memasak makanan lezat itu menyenangkan apalagi kalau caranya mudah. Hoho.

      Delete
  3. iya kayaknya mudah cocok buat saya ibu yang ngekos, cuman masalahnya satu aja. nyari terasi di sini susah pake banget Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake aja terasi ABC mbak, ada kok di minimarket hihi

      Delete
  4. Aku suka masakan yg judulnya ada terasi2nya hehe makanya lgsg semangat liat postingan ini. Tak contek resepnya ya mbaa hehe. Thanks sudah sharinggg :)

    ReplyDelete
  5. Bukan hanya untuk anak kos mbak..untuk IRT kayak saya juga :D sambel terasi kusuka :D

    ReplyDelete
  6. Aaaaa maapin baru tau kalo udah dipost :* simpel banget sumpah! Mau nyobain jugak wkwkwkw makasih yaaa desty bagi2 resepnya hehehe

    ReplyDelete