Sunday, January 8, 2017

2016 Music Review and Recommendation : Kim Jaejoong's NO.X

Halo!

Sebelum masuk ke inti, aku mau ngucapin selamat tahun baru 2017 untuk semua pembaca. Semoga 2017 menjadi tahun yang indah untuk kita semua ya! Aamiin.


Seperti biasa, di akhir tahun para blogger berbondong-bondong nulis semacam rekapan 2016 gitu, dan topiknya beragam. Ngelihat itu aku jadi mau berbagi juga dong. Kali ini tentang lagu-lagu indah yang menemaniku sepanjang tahun 2016. 


Karena ada banyak sekali lagu-lagu yang rilis dan masuk kategori "this is my jam" di 2016, jadi aku putuskan untuk membaginya jadi beberapa entri nantinya. 


Sebenarnya sih, entri ini mau aku pos tanggal 30 desember lalu.


Kenapa 30 Desember? 



Karena di hari itu si empunya album, Jaejoong akhirnya pulang dari wajib militer yang udah dijalankan kurang lebih 21 bulan lamanya. Jadi, niatnya sih sekalian gitu. Buat entri pengisi blog baru dalam rangka penyambutan, sekalian belajar ngereview album, terus sekalian juga berbagi ke orang-orang lagu-lagu kesukaanku. Siapa tahu ada yang belum tahu jadi kecantol juga, kan asyik.

/nebar virus/

Tapi karena ada beberapa hal jadi baru bisa dipos sekarang. Huhu. 



Halah, alesan des.
Ehe.


By the way, kan si Jaejoong lagi wamil tuh. Kapan sempatnya dia rekaman album baru?
Nah, inilah spesialnya album NO.X ini. Ditengah kesibukannya mempersiapkan keperluan wajib militer, Jaejoong sempat-sempatin buat menggarap album ini. Sebagai hadiah bagi para penggemar sebelum dia hiatus, pergi menjalankan kewajiban. Peduli banget ya sama penggemarnya, uh.
Eaaaaaaaaak

Entah apa alasannya. Takut penggemarnya kesepian mungkin? Atau takut penggemarnya pindah ke lain hati selama dia pergi? LOL


Ga tau sih, tapi yang jelas sebagai penikmat karyanya aku sih seneng seneng aja. Apalagi album ini isinya sangat beragam dan bagus-bagus.



Sumber
Tanggal Rilis: 12 Februari 2016
Executive Producer: Baek Changjoo

Producer: Kim Jaejoong

Vocal Director: Kim Jaejoong

Downloads : Melon, Mnet, Bugs, iTunes

Jaejoong mengusung banyak genre baru yang belum dicobanya di karya-karya sebelumnya. Terlihat di kedua belas lagu album ini dia berani bermain ke seberang. Bekerja sama dengan komposer-komposer Eropa rupanya membawa dampak yang benar-benar positif, ya.

Musik-musiknya segar dan menurutku sudah bukan di ranah K-pop lagi. 


For your information, layaknya lagu dari negara lain, K-pop juga punya ciri khas yang menyatakan kalau lagu itu K-pop. Sulit sih menjelaskan gimana khasnya. Yang jelas kalau kamu udah sering mendengarkan lagu-lagu Korea pasti tahu deh. Hehehe.


Nah, di album NO.X ini menurutku sama sekali tidak ada cita rasa K-popnya loh. Kalau pun ada, itu sedikit. Malah menurutku banyak musiknya yang bercita rasa British?



Sok tahu banget sih des

Gak tahu deh LOL.


Yang jelas album ini menjadi salah satu rekomendasi andalanku. Bagi teman-teman yang terbiasa dengan musik western dan kepengen mencoba menyeberang ke Korea tapi masih agak rancu dengan nuansa ala K-pop, mungkin bisa mendengarkan album ini. Recommended! Gak nyesel deh.

Dih, promosinya kencang yah.
Oke!

Secara keseluruhan, aku puas sekali dengan album ini. Biasanya sih, kalau ngedengerin satu album penuh suka ada aja lagu-lagu yang aku lepehin, alias 'dibuang' karena kurang nyambung di telingaku. Tapi di album ini gak ada satu pun dari 12 lagunya ini yang aku enggak suka. 

Aku suka semuanya. Ini kali pertama aku suka semua lagu dalam satu album, padahal di setiap album Junsu aja masih ada yang aku lepehin lagunya.

Wajar sih sebenarnya, soalnya disini secara keseluruhan Jaejoong memang menawarkan berbagai variasi dari genre rock, yang membuat musiknya sarat dengan erangan gitar listrik dan dentuman drum yang emang aku suka banget. LOL.

Itulah kenapa aku memutuskan di peringkat pribadi milikku cuma ada satu sampai lima, dan sisanya peringkat 6. Karena emang sisanya itu sama bagusnya.

Saking susahnya memilih mana lagu yang paling aku suka diantara lagu lainnya, peringkat satu sampai lima pun aku tentukan dari track mana yang duluan membuatku jatuh cinta waktu pertama kali mendengarkan album ini :D


Sekarang kita intip yuk satu persatu lagunya.





Love You More

Peringkat pribadi : 6
Track number : 3
Lyricist : Kim Tae Wan
Composer : Kim Tae Wan, Ye-Yo!
Lyrics : Love You More




Diantara kedua belas lagu yang ada, lagu orang sedang di mabuk cinta inilah yang terpilih sebagai wajah utama dari album NO.X. Kenapa?

Kalo kata Jaejoong sih alasan dipilihnya Love You More ini sederhana, karena lagu Love You More ini merupakan lagu nomor tiga di album NO.X. 

Yah, emang sih Jaejoong enggak pernah berkata secara khusus, tapi bagi kalian yang JYJ Fans pasti inget dong soal Jaejoong yang ngomong di Fruitful Trip (Bagian First Meeting) dia suka angka tiga karena angka tiga adalah angka keberuntungan bagi orang Korea.

Jadi, mungkin Jaejoong memilih lagu ini sembari berharap keberuntungan yang dibawa album ini.
/mulai sok tahu/
Tapi kalau aku sih, curiga kalau pemilihan ini karena Jaejoong emang lagi di mabuk cinta. LOL. Tahu sendiri kan kalau Jaejoong suka nebar kode dimana-mana? 
/mulai nebar gosip/
Kalau soal track number sih mudah ya, kan bisa diatur mau lagu apa di nomor ketiga. LOL. Apalagi ada anu... hahaha.

By the way sering-sering ya selfie love dalam mobil. Ihihi.
Beware Jaejoong fans! Desty mulai nebar gosip
Oke, sebelum kehilangan fokus kita balik lagi ke topik utama. Kenapa sih aku bilang kalau lagu ini adalah lagu orang yang sedang di mabuk cinta? 

Liriknya sendiri mengisahkan curahan hati seseorang (dalam konteks ini, pria ya) yang merasa semakin hari semakin mencintai wanitanya. Dia ingin mencintai pasangannya lebih, lebih, dan lebih. 

I wanna love you more love you more
Nae kkeutkkaji jugoman sipeo
I try to restrain and restrain myself but I can’t stop it

Ingin menghentikan perasaannya yang mengebu-ngebu, namun tidak bisa. 

I wanna love you more love you more
Maeil malhaedo bujokhan geol
It’s not enough to say it every day
Love u more

Bahkan setiap hari pun tidak cukup untuk menyatakan kalau "Aku cinta kamu".

Sweet banget kan?

Bagi orang yang lagi mengebu-ngebu dalam urusan asmara, atau ingin gombal dengan pasangannya, lagu ini bisa jadi pilihan. Cewek mana yang enggak kepincut sama arti lagu ini, ya.
eaaa
Satu hal yang paling aku suka dari lagu ini adalah bagian Jaejoong nge-rap. Kedengaran catchy banget ditelingaku. Dia memakai suara rendah yang lumayan bikin kecanduan, membuat ingin memutar lagunya lagi dan lagi. LOL.

Nega nalsu ineun geu haneuri dwaejulge
I will be the sky that you can fly in
Ne sarangeun achim nae harureul sijakhae
Your love is the morning it starts my day

Musiknya catchy dan sarat dengan nuansa rock ala Jaejoong. Instrumennya sarat dengan gitar listrik. LOL . Aku suka sekali suara gitar listrik by the way. Dentuman drumnya juga lumayan bisa bikin kepala bergoyang.  Kalau lagi mendengarkan lagu ini aku mau gak mau ikut nyanyi sambil mengangguk-anggukan kepala. Persis seperti yang aku lakukan sekarang. LOL.

Kalau kata salah satu penggemar sih, dia banyak memakai suara falsetto disini supaya cocok dengan nuansa rock yang dia bawa. Aku enggak begitu mengerti dengan istilah musik ya, tapi aku suka juga sama bagian kedua setelah chorus pertama. Gimana ya, kan pada chorus pertama kan tempo musiknya cepat. Nah, di bagian kedua itu dibuat agak lambat lalu langsung disusul oleh chorus kedua yang cepat. Jadi seperti ada "ledakan" gitu waktu mendengar bagian itu :D

Untuk MVnya sendiri, masih termasuk normal ya untuk MVnya Jaejoong. Enggak ada kostum yang aneh dan wow seperti di MV MINE, enggak ada efek apapun kayak benda terbang di MV Just Another Girl, dan enggak ada benda-benda aneh yang muncul juga. Normal deh pokoknya, realistis.

Di MV, ditampilkan beberapa orang dengan berbagai profesi yang sedang berjuang meraih mimpi masing-masing. Agak kurang nyambung sih dengan lagu dimabuk cintanya (?). Lalu diselingi dengan adegan Jaejoong bernyanyi solo dengan band di belakangnya. 

Berbeda dengan Junsu, Jaejoong bukanlah seorang penari yang baik (jujur nih). Jadi dia sama sekali enggak menampilkan dance apapun. Tampil cukup dengan sebuah mic.
Des, kan Jaejoong konsepnya rock. Mana mungkin dia ngedance.
Eh, iya sih. LOL /baru sadar/ 

Lalu, bagian MV yang paling aku paling suka adalah bagian dimana Jaejoong dan para staf sedang mempersiapkan pengambilan gambar MV ini.  Jadi semacam behind the scenes gitu. Kan lumayan bisa ngintip sedikit studio dan tempat latar belakang MVnya.

Ngomong-ngomong soal latar belakang MV, disini lumayan banyak yang mainin pencahayaan ya. Lalu ada efek seperti di film layar lebar gitu. Tapi untungnya dilakukan dengan baik, jadi enggak kelihatan murahan ;)

Kalo fanservice des? Ada? 

Jangan khawatir. Ada banyak kok. Itu sih wajib hukumnya. LOL. Malahan sebagian besar yang ditampilin itu fanservice. Jadi bagi penggemar beratnya Jaejoong yang ingin melihat Jaejoong joget sambil bertelanjang dada, MV ini pilihan yang tepat.



Good Morning Night

Peringkat pribadi : 6
Track number : 1
Lyricist : Kim Jaejoong
Composer : Lee O Won




Good good morning
Morning hello hello

Impresi saat pertama kali mendengar Good Morning Night adalah lagunya asik!  Cocok untuk menemani bersiap-siap di pagi hari. Liriknya juga lucu! Apalah itu "good morning night" LOL.

Musik yang terkesan berat karena adanya suara gitar dan drum yang berat (apa ya istilahnya? kalau gak salah grunge? benar enggak?) jadi terasa renyah di telinga ketika dikombinasikan dengan vokal Jaejoong yang ceria.

Menurutku sih /nyengir/.

Good morning night good morning night
We’ll be alright oh oh oh oh~
Good morning night good morning night
I bameul michin deusi jeulgyeo oh oh oh oh~
Enjoy this night like crazy oh oh oh oh~

Liriknya sendiri agak susah dimengerti. LOL. Kalo kata kak Indri sih, gak pernah ada yang tahu isi pikiran Jaejoong. Jadi, mari kita interpretasikan sendiri yuk.

Intinya Jaejoong mengucapkan selamat pagi kepada sang malam dan mengajak kita untuk menikmati waktu malam hari. Dia juga mengajak untuk menikmati hari kita secara penuh^^. 

Saeroun nanal eottae mamkkeot jeulgyeo bwa
How do you feel about new days enjoy it to your fullest

Benar-benar sebuah lagu penyemangat untuk menjalani hari ya.



Drawer

Peringkat pribadi : 6
Track number : 2
Lyricist : Kim Ina
Composer :  David Mercy, Palle Hammerlund, Amir Badr, Zachary Moon
Lyrics : Drawer




Lagu balada pertama yang muncul di album NO.X. Lagu yang lembut. Iringan gitar dan dentingan piano diawal lagu terasa menghanyutkan. Lalu kita disentakkan dengan sedikit hentakan drum bertempo lebih cepat di chorus, kemudian dihanyutkan lagi. Terus begitu hingga lagu selesai.

Bagian favoritku adalah bagian interlude setelah chorus kedua. Lalu dibagian nada tinggi Jaejoong yang dibuat tetap lembut, jadi tidak menutupi musiknya. Aku suka. Menenangkan.

Penuh emosi, apalagi jika membaca arti dari liriknya. Galau bangettt. Rasanya seperti dibolak-balik, setelah bernyanyi riang di track pertama (Good Morning Night) langsung dihempaskan oleh lagu ini. Good job, J.

Dan hanappunin nareul chaja
I look for my irreplaceable self
Neol uge hago sipeun nal
The self that wants to make you laugh
If you can wait for me (I will wait for you)
If you can only do that (if you can only do that)

Jujur, saat membaca liriknya sedikit membuatku merenung. Apa ya yang sebenarnya ingin disampaikan Jaejoong di lagu ini? 

Menurutmu?



All I Desire (Blame)

Peringkat pribadi : 6
Track number :6 
Lyricist : Kim Jaejoong
Composer : Kim Jaejoong
Lyrics : All I Desire




Pertama kali mendengar intronya, aku kira ini bakal jadi lagu yang seksi dan sensual (?). Tapi ternyata aku salah. Harapanku pupus sesaat setelah Jaejoong mulai bernyanyi. 

LOL. 

Blame ini merupakan lagu rock ballad. Bertempo lambat, dengan nada yang mendayu-dayu khas lagu putus cinta lainnya.

Maybe in time
Neoneun ttan namjaui jibe ga
You go to another mans house
Na hollo namgyeodugo tteonago jebal don’t go
You left me to be alone please don’t go

Ya tepat sekali, ini lagu galau teman-teman.

Lagu ini bercerita tentang sepasang kekasih yang berpisah, dan sang pria menyalahkan dirinya sendiri atas perpisahan tersebut. 

Been a fool gaji ma
Been a fool don’t go
Don’t close the door no I can’t live
Nega tteonagamyeon I’m a fool
When you leave I’m a fool
Gwichanha gwichanhahaesseul ttaen cham mianhae
I’m sorry when I thought you were bothersome, bothersome
Nega anajul ttaega johasseo ijeul su eopseo
I liked it when you embraced me I can’t forget it

Meminta maaf, dan memohon agar mantan kekasihnya tersebut tidak pergi, karena dia merasa tidak sanggup untuk hidup tanpanya. 

Sedih, ya?


Welcome to My Wild World

Peringkat pribadi : 6
Track number : 7
Lyricist : 회장님
Composer : Damon Sharp, Jason Mater 



Turuturuturuturu Hey!
Turuturuturuturu Oh!
Turuturuturuturu 
Welcome to my world!


Welcome to punk-rock song ala Kim Jaejoong! 

Salah satu track rock Jaejoong yang epik, yang pasti keren kalau dibawakan live di panggung. Aku gak bisa gak mikir gimana ya Jaejoong bakal membawakan lagu ini di panggung. LOL. 

Mungkin dia bakal tampil total sebagai rocker?

Let’s fight, namjadapge jemeosdaero jeulgyeo boy!
Let’s fight, like a man however you want boy! 
Stand up! sseureojyeodo na dasi ireoseomyeon dwae
Stand up! If I fall down all I have to do is get up again
Woah~ 
Sesangeun da crazy! 
world is all crazy 
woah~
Welcome to my wildest world

Meski pengucapan bahasa inggrisnya sedikit kaku, tapi enggak masalah sih. Aku paling suka dibagian bridge, dimana temponya tiba-tiba melambat dan suara Jaejoong melembut mengikuti musik yang berubah jadi akustik, lalu boom! diikuti dengan bagian "I'm fine" yang melengking tinggi. Pasti keren banget kalau dibawakan total di atas panggung.

I'm totaly ready for that! :D


Although We Met, We Will Meet Again

Peringkat pribadi : 6
Track number : 10 
Lyricist : Kim Jaejoong
Composer : Song Hyeon, Baek Mu Hyeon
Lyrics : Although We Met, We Will Meet Again




Although we met, we will meet again satu-satunya lagu di album NO.X yang cocok untuk menjadi Original Soundtrack di drama Korea. Terdengar sekali khas dramanya.

Huhu.

Tempo lagu yang lambat, vokal Jaejoong yang menyayat hati, lirik yang enggak kalah menusuk. Drama banget. LOL.

Alunan piano dan gesekan biola yang lembut menjadikan lagu ini sebuah ballad yang manis namun tragis.

Bercerita tentang sepasang kekasih yang akan dipisahkan jarak untuk beberapa saat. Sang wanita berjanji bahwa dia akan menunggu sang pria kembali dan berkata agar sang pria tidak perlu khawatir. Meskipun tidak ada ucapan selamat tinggal, tapi sang pria tahu bahwa itulah akhir dari mereka.

I want to jump across the brigde called time we build together
Step on our wait to close the gap between us and hug you

Sang pria ingin sekali waktu cepat berlalu sehingga ia bisa kembali dan memastikan bahwa hubungan mereka baik-baik saja. Ia takut jika wanitanya akan benar-benar pergi. Ia takut menyadari wanitanya tidak berada disampingnya. Itulah mengapa ia merasa sangat sedih meskipun tahu bahwa mereka akan bertemu lagi.

We meet but I can’t see you now I’m sad
I miss you too much
I’m afraid because you’re not next to me
We meet we will meet but
I’m sad



All That Glitters

Peringkat pribadi : 5
Track number : 9 
Lyricist : Kim Jaejoong
Composer : Karen Ann Poole, Fraser T. Smith





Sampai juga ke lagu peringkat lima! :D

All That Glitters.

Coba tebak! Apa pendapatku saat pertama kali mendengar lagu ini?

Kok ada lagu Peterpan nyelip?
/PLAK/  
Iyaa, gak tahu ya entah kenapa pikiran itu muncul begitu saja di kepalaku. Aku merasa ada suatu elemen khas yang sering ada di lagu  Peterpan yang terselip di lagu ini. Entah disebelah mananya aku enggak tahu. Enggak, sama sekali bukan masalah penjiplakan musik ya, tapi auranya itu loh.

Pianonya kah? Drumnya? Apa ada yang sependapat denganku? Bisa beri aku pencerahan di sebelah mananya lagu ini satu aura dengan lagu Ariel cs?

By the way, bagi yang bingung, Peterpan itu adalah salah satu band kenamaan Indonesia. Lagu-lagu mereka lumayan bagus-bagus, dan aku lumayan suka juga. Eh, sekarang mereka sudah berubah nama jadi Noah ya?
Loh, kok jadi bahas Noah sih des?
Ya siapa tahu ada orang luar Indonesia yang iseng baca-baca ini dan mereka enggak tahu siapa itu Peterpan/Noah. LOL.
/Pede/
/Salah lapak/ 

Sebuah lagu yang bernuansa agak gelap dan dipenuhi dentuman instrumen yang dibuat keras. Lalu dari naik turunnya nada, Jaejoong benar-benar memberikan vokal terbaiknya di lagu ini. 

Aku ingat ada orang yang pernah bilang kalau lagu ini sedikit bergenre alternative. Apakah benar? Aku memang agak buta dalam hal membedakan genre musik, jadi tolong beritahu aku!

Bagian favoritku di lagu ini adalah pada bridge setelah chorus kedua, di bagian "saeroun daechaegeun jjijeogo". Suara Jaejoong disana benar-benar powerful dan berdampak hebat padaku LOL. 

Penghayatan Jaejoong untuk lagu ini juga bagus sekali. Saat aku mendengarkan tanpa tahu apa liriknya aku bisa tahu kalau lagu ini berisi jeritan yang tak terdengar, hanya dengan mendengarkan suara Jaejoong.

I saw it shining. You didn’t explain
Swieoda gal teum eopsi tteonaga
You left without taking a break
Yumeoseureopgedo sangcheo jugo daedap eopseo
You hurt me humorously and there’s no answer

Inti dari lagu ini adalah jeritan hati, rintihan dari seorang pria yang ditinggalkan oleh pasangannya tanpa alasan yang jelas. Merasa kebingungan karena ditinggal tanpa sebab, membuat sang pria merasa gila. Semua terlihat gelap, masa depannya terasa suram.

Standing in silence.
Got nothing to say
Saero gal gil naegen eopseo
There is no new path for me
Mirael bol su eopseuni
Because I can’t see the future

Sang pria terus berteriak, bertanya pada diri sendiri apa yang salah. Hingga pada akhirnya sang pria sampai pada kesimpulan bahwa dia tidak boleh terus-menerus seperti ini, ia harus bangkit dan menunjukan pada wanita itu bahwa dia tidak akan kalah. 

saeroun daechaegeun jjijeogo
I tore down the new plan
i chupgo chupdichuun beoreul naeryeojwonyago
Did you give me this cold punishment?
eodi jil jul alkka
Do you think I will lose?

Pesan yang hebat, bukan?



Breathing

Peringkat pribadi : 4
Track number : 8
Lyricist : Kim Jaejoong
Composer : Edward K
Lyrics : Breathing




Lagu yang berada di peringkat empat adalah Breathing. Satu lagi lagu mabuk cinta yang dipersembahkan oleh Jaejoong. LOL.

Lagunya easy listening banget! Bahkan aku sudah bisa hapal dan sing it along pada putaran keempat, padahal sama sekali enggak melihat liriknya. Musiknya juga gampang sekali membuat kita kecanduan. Enggak terlalu banyak teknik vokal yang wow yang dipersembahkan oleh Jaejoong disini, semuanya kayak mengalir gitu aja. Tapi itu yang membuat lagu ini enak banget buat didengarin terus menerus.

Bagian favoritku? Tentunya bagian bridge dong!

All I have is you, baro neo
Geuge nal salge haejwo
All I need is you idaero
Every day~~~, my girl~~!

Lalu setelah bridge, langsung disusul dengan chorus terakhir yang powerful. Rasanya kayak ada perasaan yang membuncah di dalam gitu, ledakan menyenangkan sewaktu mendengarkan dan ikut menyanyikan bagian itu. Gitarnya? duh, suka sekali :D

Lirik? Aduh, ini lagu khas Jaejoong banget kayaknya. Kelihatan kalau Jaejoong itu raja gombal. LOL.
/digampar/
Cewek-cewek yang mendengarkan lagu ini dan tahu artinya pasti bakal meleleh.
Gimana enggak? Lagu ini jelas sekali menggambarkan kebahagiaan si cowok saat bersama ceweknya. 

neowa hamkke breathing
With you, breathing
modeun geosi jeonbu areumdawo breathing
Everything is beautiful, breathing

Cukup dengan hadirnya wanita itu disampingnya, ia pun merasa hidupnya lengkap. Di lagu pun ditegaskan berkali-kali bahwa "yang aku butuhkan dalam hidup ini hanyalah kamu".

All I have is you, baro neo
All I have is you, you
Geuge nal salge haejwo
That’s what keeps me alive
All I need it you idaero
All I need is you like this
Every day~~~, my girl~~!

So sweet!
/meleleh/

Run Away

Peringkat pribadi : 3
Track number : 12
Lyricist : Kim Jaejoong
Composer : Neil Athale, Eden Ley 
Lyrics : Run Away




Lagu yang berhasil menduduki peringkat ketiga adalah Run Away.

Berat.

Kelam.

Itulah impresi pertama yang aku dapatkan dari lagu ini. Arti keseluruhan lagu ini juga sangat menusuk. 

Berbeda dengan lagu lainnya, aku sangat tertohok bahkan sempat ingin menangis saat mendengarkan lagu ini untuk pertama kalinya. Padahal dalam kondisi enggak mengerti apapun arti lagu Run Away ini. Lagu ini terdengar penuh luka, timbul rasa perih di dada saat suara Jaejoong mengalir memenuhi telingaku.

Meskipun begitu entah kenapa lagu ini malah jadi salah satu lagu paling aku suka di album NO.X. LOL.
Ketahuan deh masonya
Lagu ini mendapatkan sebutan "killer ballad" bukan tanpa sebab.

Suara piano yang berat, dan efek gema yang memantulkan suara lirih Jaejoong membuat lagu ini suram. Kesepian yang amat dalam, melekat sekali pada lagu ini.

Jaejoong juga kedengarannya tidak banyak mengeluarkan teknik vokalnya, bahkan lebih sedikit lagi daripada Breathing, tapi makna lagu ini tersampaikan dengan baik ke pendengar (yang enggak bisa bahasa korea ya) tanpa harus membaca terjemahan liriknya.

Standing applause deh buat Jaejoong.

Sekarang, mari kita ulik lebih dalam liriknya. Siapkan hati ya.

I just have to say it’s over

I think you feel the same
Wae neol uge haejuryeo hal ttaen
Why is it when I try to make you laugh
You just run away?

Sudah dapat bayangan tentang apa lagu ini?


naege noryeokhaeda haji ma

Don’t tell me I didn’t try
amugeodo an miwohae
I don’t hate anything
wae nal saranghage hal ttaen
Why is it when you made me love you

You just run away?


Ya. Ini adalah sebuah kisah dari seseorang yang bertanya mengapa setiap kali dia berusaha membahagiakannya, pasangannya malah terus melarikan diri. 

Jeritan pilu seseorang yang bertanya-tanya, mengapa pasangannya melarikan diri setelah membuat dia begitu mencintainya?

Sijakdoel geoya, nado pigonhae
It will start, I too am tired
Saeroi gil chajaseo beoseo nagalge
I will find a new path and get away from this
Akkyeosseulkka wae ije jabadwosseulkka
Why did I care for you why did I cage you in
Huhoehae suwi sen haeil wi
I regret above a high water level in a tsunami
Neoreul taewo keojin heomanghan love ijgego~ o~
I will burn you to forget our engorged vain love 

Dia sudah mencoba berbagai cara, tapi tetap saja ia berlari meninggalkannya. Dan... akhirnya dia memutuskan untuk menyerah. Berhenti. Berusaha melupakan segalanya, lalu pergi tanpa meninggalkan kebencian apapun.

Hiks.


You Know What

Peringkat pribadi : 2
Track number : 11
Lyricist : Kim Jaejoong
Composer : Daniel Davidsen, Peter Wallevik, Patrick Devine
Lyrics : You Know What




Daaaaan lagu yang berada di peringkat dua adalaaaah You Know What!!

Sebelum masuk ke reviewnya, aku mau cerita sedikit.

Sebenarnya secara peringkat, lagu ini setara dengan lagu yang ada di peringkat satu. Bahkan ketika aku menyelesaikan review Run Away, aku belum tahu lagu mana yang harus aku pilih untuk menduduki peringkat satu.

Soalnya, emang benar-benar setara. Aku langsung jatuh cinta pada kedua lagu ini saat pertama kali mendengarkannya, sama-sama langsung tahu liriknya untuk sing it along pada putaran kedua, dan dari segi musik (tanpa melihat makna lagu) sama-sama membuatku berpikir secara otomatis, this is my jam.

Tapi aku teringat sesuatu yang membuat aku memutuskan lagu ini ada di urutan kedua. Apakah itu? enggak bisa aku sebut disini. HAHAHA.
/evil laugh/
Kelebihan dari lagu ini adalah liriknya. 

Iya! Liriknya! 

Loh, kenapa emangnya des?

Yuk kita simak. 


Nuneul gama neon dapdaphae ibeul dada
Close your eyes you’re frustrating close your mouth
Nan molla jageun pyohyeon hanakkajido
I don’t know every little expression
Naega malhamyeon mot mitgo nega malhamyeon jinjja
If I do something wrong it’s a big deal,
Bullihan ttaen nunmul heullineun neo
and if you do something wrong you start crying

Oke.

Seperti yang kita lihat pada intro lagunya, permasalahan yang dibawa lagu ini adalah keluhan dari seorang cowok yang mempunyai seorang pacar yang cerewet dan suka marah-marah. Pacarnya juga suka menyalahkan dia atas segala sesuatu, tapi ketika pacarnya yang berbuat salah itu bukanlah masalah besar. Si cowok sudah sebal sekali dengan pacarnya, tapi tidak berani untuk membantah, terlihat dari syair pertama lagu. Kalau pacarnya sedang marah, lebih baik tutup mata dan tutup mulut saja.

Yeojawa namjaneun dareudan mal
They say women and men are different
Naui jinjja yaegineun dalla jarangeun anyeodo
My story is different I’m not trying to brag

Merasa familiar dengan kalimat itu?

Yup, kalimat yang sering jadi senjata kita, para cewek kalau sedang bertengar dengan pasangan. Like
"Please deh, cewek sama cowok itu beda! Jangan disamain, ngerti tolong."

Ya kan? Ngaku! LOL.

Nah, di lirik bagian ini ceritanya kemungkinan besar si cewek mengatakan kalimat senjata itu sewaktu marah-marah ke cowoknya. Dan (di dalam hati) si cowok berkata kalau kisah dia bakalan beda dari cowok lain, lihat aja nanti.

Oh saenggakhaedo cham dapdaphae
Oh it’s frustrating when I think about it
Swipge mallo hamyeon doejanha jak
All you have to do is say it
eun pyohyeon hanakkajido
Every little expression
neo jalmotamyeon moreun cheok
If you do something wrong you pretend you don’t know you did it
na jalmotamyeon keunil na
If I do something wrong it’s the end of the world
yeoksi neoneun yeojal moreundae
Of course you say that I don’t know what women are like

Si cowok merasa frustasi. Dia rela melakukan segalanya demi sang cewek, jadi sebagai gantinya dia ingin sekali kekasihnya itu bisa sedikit lembut padanya  dan mau mengaku jika sedang berbuat salah. Kalau ceweknya berbuat salah, si cewek pura-pura enggak tahu. Tapi giliran si cowok yang berbuat salah, si cewek meledak seakan dunia kiamat gara-gara dia. Nah, ketika si cowo protes ke ceweknya, si cewek bilang kalau "Kamu itu enggak tahu cewek! gak peka banget!"

LOL.

Intinya, si cowok sudah sebal sekali karena ketidakadilan itu.

Jayuropge mannaseo sumjugyeo salmyeon eotteohge
How is it that I met you of my free will and I ended up not being able to breathe freely
Ige nugu chaegimilkka?
Whose responsibility is this?

Nah, si cowok saking kesalnya jadi menyesal kenapa mau sama si cewek. Kenapa dulu dia dengan bodohnya bersedia untuk jadi pacar si cewek. Ini semua gara-gara siapa? Ini semua salah siapa?

Tapi....

Doni piryo eopneun iyu
The reason I don’t need money is
Neoman bwado baega bulleo
I get full when I see you
Modeun gosi neoro yeppeo
Everywhere looks pretty because of you
Deiteu geokjeongdo eopgo
Don’t need to worry about going out for dates

Neoreul saranghaneun iyu
Those stories don’t exist
Geuttan yaegideureun jonjaehaji anha
Forget about what I said earlier
Ape yaegineun singyeong kkeo
This is my real story
Naui jinjja yaegin igeo
I just really love you
Aju saranghal ppuniya
I like it as it is
Idaero cham joha
The reason I love you
Aku ngakak waktu tahu akhir lagunya seperti ini. Setelah marah-marah lebih dari setengah lagu, segala kekesalan si cowok hilang saat dia ingat kenapa dia bisa jatuh cinta pada kekasihnya itu. Dan dia meminta kita untuk melupakan semua ocehan dia sebelumnya. LOL.

Entah apa (atau siapa? haha) yang menginspirasi Jaejoong sampai bisa menulis lirik sekonyol ini?



Love You to Death

Peringkat pribadi : 1
Track number : 4
Lyricist : Kim Jaejoong 
Composer : Niclas Lundin, Anton Malmberg HÅrd Af Segerstad 




Akhirnya sampai pada peringkat pertama. Lagu yang terpilih "mengalahkan" kesebelas lagu lainnya adalaaaah Love You to Death! :D

Yup, track nomor empat di album NO.X ini berhasil mencuri hatiku segera di pemutaran pertamanya. tang Sebuah lagu ballad bertempo medium yang bercerita tentang sakitnya sebuah perpisahan dari sudut pandang seseorang sedang berjuang menghadapinya. Dan perpisahan tersebut disebabkan oleh dirinya sendiri.

I miss u, I hate u, I love u
How did I let you down
Deo noryeokhaesseoya haeneunde
I should have tried harder

Ya, akhirnya memang harus aku akui kalau aku ini penikmat lagu yang bertempo lambat dan galau. Ehe.

I miss u, I hate u, I love u
How did I let you down
Wae eorinaecheoreom gureona
Why did I cry like a child
Uhoeman hago isseo nal ttaerimyeonseo~ huo~
I’m regretting and hitting myself

Yang paling aku suka dari lagu ini adalah, liriknya yang simple tapi quotable.

Dan lirik yang paling aku suka adalah

Sabange dangsini isseo
You are everywhere
You’re so far, but so close
Machi manjil su isseosseo
Like I could touch you
Not by far, not even close,
Not even close

Sepenggal lirik yang menggambarkan betapa kesepiannya lagu ini.
Dih, Maso banget sih
Enggak banyak yang bisa aku ungkapkan tentang lagu ini, karena aku menyukainya tanpa banyak alasan :) Begitu dengar, langsung suka. Bagiku, Love You to Death adalah cinta pertamaku di album ini.





Lyrics Credit : JYJ3
Video Credit : CJESJYJ, Angie Chu, Jennie12245
Other Credit : Mnet, JYJ(EN)LINE 

6 comments:

  1. Replies
    1. Wah kalau begitu, album NO.X ini mungkin bisa menjadi koleksi musik terbaru kamu. Selamat mendengarkan��

      Delete
  2. baca ini sambil senyum senyum sendiri
    teringat dulu sempet tergila-gila banget sama jaejoong hahahaa
    lanjut dengerin ah album nya :)
    salam kenal ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu? Kalau sekarang gimana mbak? XD
      Hayu hayu dengarkan, mana tahu bisa CLBK lagi sama Jaejoong :3
      Haduh, fan senior ini. Salam kenal juga mbak :)

      Delete
    2. udah ga boleh sekarang mah.. udah punya suami soalnya huahaha
      dulu sempet yang terobsesi banget dengan dbsk apalagi sama si jaejoong
      sampe nangis nangisan pas mereka split jadi dua huhuhu
      ah jadi kangen fangirling :D


      Delete
    3. Huhu, pantesan enggak lagi :D
      kalo aku sih dulu terobsesi banget sama Junsu. Kalo sekarang sih udah berkurang, tetap dukung dan menikmati karyanya, tapi enggak sefanatik dulu. selayaknya fans-musisi deh.
      kekeke :D
      kalo kangen kapan-kapan mampir lagi mbak ke kegiatan fandom :3

      Delete